Training on Creating Interactive Learning Media to Strengthen Integer and Fractional Material for Primary School Teachers of Teacher Working Group IV, X Koto Singkarak
Abstract
Tahap berpikir siswa pada tingkat sekolah dasar berada pada tahap operasional konkrit sehingga dalam belajar mereka akan lebih mudah memahami jika menggunakan media yang mereka lihat dan kerjakan langsung. Berdasarkan observasi dan diskusi dengan beberapa guru Sekolah Dasar, khususnya untuk materi operasi bilangan bulat dan pecahan sebagian besar guru belum menggunakan media pembelajaran yang baik dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan guru belum terbiasa dan terlatih dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran interaktif. Akibatnya siswa masih kesulitan dalam memahami operasi bilangan bulat dan pecahan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka tim pengabdian melaksanakan pelatihan kepada guru-guru SD untuk membuat media pembelajaran interaktif serta mempraktekkan penggunaan media tersebut . Hasil dari pelatihan telah dapat meningkatkan kompetensi guru yaitu pemahaman dan keterampilan guru dalam membuat media interaktif serta mengaplikasikannya dalam pembelajaran operasi bilangan bulat dan pecahan.
References
[2] Boggan, M., S. Harper and A. Whitmire. Using manipulative to teach elementery mathematic. Jurnal of Instruksional Pedagogies. Vol 3 (10)
[3] Cecil, dkk. Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Materi Geometri dan Pengukuran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di SD Negeri 179 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 2 Des 2009
[4] Dwina, Fitrani dan Riry Sriningsih. 2016. Pengembangan Pembelajaran Matematika Menggunakan Alat Maniulatif Pada Sekolah Dasar Berbasis Lesson Study. Penelitian Hibah Bersaing, Simlitabmas
[5] Sriningsih, Riry; Murni, Dewi; Helma, Helma. Peningkatan Keterampilan Guru Sekolah Dasar Menggunakan Media Interaktif Untuk Materi Geometri Dan Pecahan. Pelita Eksakta, [S.L.], V. 1, N. 1, P. 15-19, Mar. 2018. Issn 2615-0719.
[6] Siti Khomsatun. 2010. Penggunaan Media Pembelajaran Kartu. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purwokerto
[7] Uttal, D.H., K.V. Scudder and J.S. Deloache. 1997. Manipulative as symbols: A new Perspective on the Use of Concrete Object to Teach Mathematics. Abblex Publishing Corporation