Tentang Jurnal 

Jurnal Pengabdian Masyarakat PELITA EKSAKTA adalah sebuah jurnal yang berisi hasil pengabdian masyarakat dalam bidang Matematika dan Sains seperti biologi, fisika, dan kimia dalam bahasa Indonesia.  PELITA EKSAKTA diterbitkan dua kali dalam setahun  oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Padang (UNP).

FOKUS DAN RUANG LINGKUP

Kriteria untuk publikasi di Jurnal Pengabdian Masyarakat Pelita Eksakta adalah sifat kebaruan (novelty), kualitas, dan kemanfaatan kepada khalayak umum dari hasil kegiatan pengabdian masyarakat.

KEBIJAKAN EDITORIAL 

PROSES REVIEW 

Semua artikel yang masuk akan diperiksa oleh Tim Editor. Naskah yang dianggap tidak memenuhi kriteria akan ditolak untuk dipublikasikan. Naskah yang potensial akan dievaluasi dan dikirimkan kepada reviewer. Keputusan dan rekomendasi dari reviewer bisa berupa : ditolak (rejected), perlu perbaikan besar (major revision), perbikan kecil (minor revision), atau diterima (accepted).

FREKWENSI TERBIT

Jurnal PELITA EKSAKTA terbit direncanakan dua kali setiap tahun yaitu pada bulan Maret dan November. 

KEBIJAKAN OPEN ACCESS

Jurnal ini kedepannya direncakanakan menyediakan akses terbuka (open accces) secara langsung ke isi naskah. Dengan pertimbangan bahwa suatu hasil penelitian hendaknya dibuka bebas untuk umum dalam rangka mendukung memudahkan pertukaran ilmu pengetahuan secara  global yang lebih masif. 

ETIKA PUBLIKASI

  1. Naskah menyajikan informasi yang lengkap dan asli serta data yang objektif.
  2. sumber kutipan dan referensi dikutip dalam naskah harus dituliskan.
  3. Naskah ditulis ringkas dan jelas untuk efisiensi.
  4. Naskah yang sama  tidak boleh dikirim ke dan belum pernah dipublikasikan oleh jurnal lain.
  5. Setiap orang yang terlibat dalam penelitian (mahasiswa & supervisor) harus dimasukkan dalam tim penulis.
  6. Penulis harus menghindari fabrikasi (make up data dan hasil penelitian).
  7. Penulis harus menghindari pemalsuan (memanipulasi bahan penelitian, peralatan, proses, mengubah data atau sengaja membuang data atau hasil).
  8. Penulis harus menghindari plagiat (mengambil ide-ide, proses, hasil atau kata-kata tanpa mengutip sumber-sumber).
  9. Penulis harus menghindari Fragmentasi (memecah data penelitian dari naskah sehingga pada bagian pembahasan menjadi tak mendalam)
  10. Semua bahan / kutipan yang diperoleh dari penelitian sebelumnya, yang melibatkan penulis yang sama yang terkait dengan publikasi sebelumnya harus dikutip dengan benar.

 PROSEDUR UNTUK MENGHINDARI PLAGIARISME

Setelah kami menerima naskah artikel, admin akan mengirimkan tim yang bertanggung jawab untuk pengecekan plagiarisme, dalam hal ini menggunakan program Turnitin yang telah diterapkan di PPJ Universitas Negeri Padang. Tim terkait akan melakukan proses pemindaian (scanning). Dari hasil pemindaian, jika  tidak ditemukan plagiarisme, maka naskah akan  diteruskan ke editor. Namun, jika ditemukan bahwa ada plagiasi, akan ada dua tindakan. Pertama, jika plagiarisme kurang dari 40%, kami sarankan penulis untuk merevisi / kertas nya / tulisan. kedua, jika lebih dari 40%, kami akan menolak artikel tersebut.