Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter Kepada Guru-Guru Matematika Sekolah Menengah Kejuruan Provinsi Sumatera Barat

  • Armiati Armiati Universitas Negeri Padang
  • Yarman Yarman
  • Yerizon Yerizon
  • Anggit Reviana Dewi Agustyani
Keywords: perangkat pembelajaraan, basis, pendidikan karakter, sekolah kejuruan

Abstract

Abstrak: Pembelajaran yang dirancang untuk kegiatan belajar di sekolah seringkali lebih mengacu pada pengembangan otak. Sementara itu untuk bisa hidup sukses otak hanya menyumbang sebesar 20 %, sisanya lebih banyak ditentukan oleh sikap dan kebiasaan (karakter). Kesulitan guru selama ini adalah mengembangkan pembelajaran berbasis karakter. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan pelatihan perancangan perangkat pembelajaran berbasis karakter bagi guru-guru matematika Sekolah Menengah Kejuruan. Kegiatan ini dilakukan pada guru matematika yang tergabung dalam kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran Matematika Provinsi Sumatera Barat. Melalui kegiatan ini dilatihkan kemampuan merancang rencana pembelajaran yang lebih mengacu pada kegiatan siswa, menyiapkan lembar kerja siswa dan lembar penilaian yang sesuai. Kegiatan dilakukan dalam bentuk berbagi informasi, diskusi dan workshop Pada akhir kegiatan pelatihan dihasilkan beberapa rancangan pembelajaran dengan model pembelajaran yang sesuai.

 

Published
2018-11-30
How to Cite
Armiati, A., Yarman, Y., Yerizon, Y., & Dewi Agustyani, A. (2018). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter Kepada Guru-Guru Matematika Sekolah Menengah Kejuruan Provinsi Sumatera Barat. Pelita Eksakta, 1(02), 128-134. https://doi.org/10.24036/pelitaeksakta/vol1-iss02/25

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.