Peningkatan Kompetensi dan Pemahaman Penalaran Matematika yang Mendukung Kemampuan Literasi Matematika bagi Guru Matematika SMAN 15 Kota Padang Kota Padang

  • Rara Sandhy Winanda Universitas Negeri Padang
Keywords: Penalaran, literasi matematis, sosialisasi, pelatihan

Abstract

Kemampuan penalaran merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai guru dan siswa dalam menyelesaikan soal-soal literasi matematika. Dengan kata lain kemampuan penalaran sangat dibutuhkan untuk mendukung literasi matematika. Namun kenyataannya guru-guru matematika belum terbiasa dengan komponen tes penalaran matematika. Hal ini disebabkan karena jenis tes ini belum ada di tahun-tahun sebelumnya. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan terhadap guru dalam penyelesaian soal-soal penalaran matematika dan juga memberikan bimbingan teknis pada guru untuk merancang soal-soal penalaran matematika. Kegiatan ini terdiri dari 3 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penyelesaian. Kegiatan dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan dengan topik yang berbeda setiap pertemuan. Topik-topik yang dibahas yaitu Bilangan, Aljabar, Geometri, data dan ketidakpastian. Pada kegiatan ini juga dilaksanakan pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test diperoleh informasi bahwa terjadi kenaikan nilai peserta pelatihan yaitu sebesar 11, 46 atau 19,65%.

References

[1] Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20201.
[2] OECD, PISA 2019 Assessment Framework Key Competencies in Reading, Mathematics and Science. Paris: OECD Publishing, 2019.
[3] Nurutami, A., Riyadi, & Subanti, S. (2018). The Analysis of Students’ Mathematical Literacy Based on Mathematical Ability. Advances in Intelligent Systems Research (AISR), volume 157. https://www.atlantis-press.com/proceedings/miseic 18/25905033.
[4] Stacey, K. (2011). The PISA view of mathematical literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education, 2(2), 95–126. https://doi.org/10.22342/jme.2.2.746.95-126
[5] Sulistiawati, I., Arsyad, N., & Minggi, I. (2019). Deskripsi Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret Ditinjau dari Kemampan Awal. Issues in Mathematics Education (IMED), 3(2), 111. https://doi.org/10.35580/imed11047
[6] Bekti, R. D., Jatipaningrum, M. T.. Kartiko, K.. & Suryowati, K. (2018). Peningkatan Potensi Siswa Melalui Pelatihan Test Potensi Akademik (TPA). Jurnal Abdimas PHB: Jumal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 1(2), 98-104
[7] Simamora, Y., Matondang, K., Bella. R. M.. & Siswadi. S. (2022). Pelatihan Trik Cara Cepat Menjawab Soal SBMPTN. JALIYE: Jurnal Abdimas, Loyalitas, dan Edukasi, 1(1), 27­31
[8] Kamila, I., Mulyati, M., Andriyati, A., Rohaeti. E., & Widyastiti. M. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dan Games Kahoot pada Materi Limit di Masa New Normal. Pelita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(1). 5-8.
[9] Nursyirwan, Vivi Iswanti; dkk. (2020). Pembahasan Saal Tes Potensi Skolastik pada SBMPTN 2020 untuk meningkatkan kualitas pelayanan online ditengah Pandemi Covid-I9 di Bimbel dan Privat MATRIKS. Jurnal Indonesia Berdaya; Volume l (2) 55 -60.
[10] Pratama, E. E. (2019, November). Otomatisasi Proses Penemuan Informasi Berdasarkan Kuesioner Pelaksanaan UTBK Di Untan Menggunakan Metode Text Mining. In Seminar Nasional Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi 2019.
Published
2024-03-31
How to Cite
Winanda, R. (2024). Peningkatan Kompetensi dan Pemahaman Penalaran Matematika yang Mendukung Kemampuan Literasi Matematika bagi Guru Matematika SMAN 15 Kota Padang Kota Padang. Pelita Eksakta, 7(1), 34-41. https://doi.org/10.24036/pelitaeksakta/vol7-iss1/239

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.