Student`s Responses in The Training on Utilization of Reference and Citation Managing Software at Department of Physics, Universitas Negeri Padang

  • Rahmat Hidayat Physics Department, Universitas Negeri Padang
  • Eka Susanti Physics Department, Universitas Negeri Padang
  • Syafriani Syafriani Physics Department, Universitas Negeri Padang
Keywords: response, training, software, citation, reference

Abstract

Menulis laporan penelitian merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan perguruan tinggi. Salah satu laporan penelitian adalah artikel yang diterbitkan di jurnal. Setiap jurnal memiliki aturan khusus yang terkait dengan tata cara penulisan termasuk sitasi dan refererensi. Akan tetapi kesadaran terhadap penyesuaian cara penulisan sitasi dan referensi masih rendah yang berujung pada tidak teraturnya penulisan sitasi dan referensi. Selain itu, kesadaran yang rendah tersebut ditambah pula dengan ketidak-tahuan terhadap alat bantú dalam mengelola sitasi dan referensi pada saat menulis draft manuskrip. Oleh karena itu, departemen fisika melaksanakan pelatihan penggunaan software pengolah sitasi dan referensi bagi mahasiswa tahun ke-empat dimana objek pelatihan ini sedang melakukan penelitian dan akan menulis laporan penelitian. Jenis peneiltian ini adalah deskriptif expost facto untuk mengungkap fakta yang berhubungan dengan pengetahuan mahasiswa terhadap software pengolah sitasi dan referensi. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner sebelum dan sesudah pelatihan diberikan. Mahasiswa tingkat ke-empat yang menjadi responden dalam penelitian ini berjumlah 93 orang. Respon mahasiswa sebelum diberikan pelatihan menyatakan bahwa mahasiswa sudah memiliki pengalaman dalam menulis karya ilmiah dan membuat daftar referensi, akan tetapi masih sedikit yang mengetahui tentang software pengolah sitasi dan referensi. Setelah mengikuti pelatihan, mahasiswa merasakan manfaat dari kegiatan pelatihan dan memahami cara penggunaan software pengolah sitasi dan referensi.

References

[1] Yla/isn, “Syarat Baru Lulus Kuliah: Mahasiswa Tak Wajib Skripsi,” 2023. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230830074156-20-992189/syarat-baru-lulus-kuliah-mahasiswa-tak-wajib-skripsi., Baca artikel CNN Indonesia %22Syarat Baru Lulus Kuliah: Mahasiswa Tak Wajib Skripsi%22 selengkapnya di sini:%0AHttps://app.cnnindonesia.com/, Download Apps CNN Indonesia sekarang (accessed Sep. 05, 2023).
[2] A. R. Hamid, Publikasi dalam Jurnal Medis : sudut pandang editor, 1st ed. Jakarta: UI Publishing, 2021.
[3] S. Pandey, S. Pandey, S. Dwivedi, D. Pandey, H. Mishra, and S. Mahapatra, “Methods of Various Citing and Referencing Style: Fundamentals for Early Career Researchers,” Publ. Res. Q., vol. 36, no. 2, pp. 243–253, 2020, doi: 10.1007/s12109-020-09726-0.
[4] C. Service, “APA Citation Examples,” 2007. https://www.bibme.org/citation-guide/apa/
[5] “Chicago-Style Citation Quick Guide,” The University of Chicago, 2017. https://www.chicagomanualofstyle.org/tools_citationguide.html (accessed Sep. 05, 2023).
[6] “Turabian : A manula for writers.” https://www.chicagomanualofstyle.org/turabian/citation-guide.html (accessed Sep. 05, 2023).
[7] “MLA In-Text Citations: The Basics.” https://owl.purdue.edu/owl/research_and_citation/mla_style/mla_formatting_and_style_guide/mla_in_text_citations_the_basics.html (accessed Sep. 05, 2023).
[8] “Harvard (Author-Date) style,” Macquire University. https://libguides.mq.edu.au/referencing/Harvard (accessed Sep. 05, 2023).
[9] “What is AGLC?” https://library.nd.edu.au/instruction/referencing/aglc (accessed Sep. 05, 2023).
[10] “Citation Styles: APA, MLA, Chicago, Turabian, IEEE.” https://pitt.libguides.com/citationhelp/ieee (accessed Sep. 05, 2023).
[11] “Citation and style manuals.” https://guides.lib.vt.edu/find/citation-style-manuals/aip (accessed Sep. 05, 2023).
[12] “Citing and referencing: CSIRO,” monash university. https://guides.lib.monash.edu/citing-referencing/csiro (accessed Sep. 05, 2023).
Published
2023-11-30
How to Cite
Hidayat, R., Susanti, E., & Syafriani, S. (2023). Student`s Responses in The Training on Utilization of Reference and Citation Managing Software at Department of Physics, Universitas Negeri Padang. Pelita Eksakta, 6(2), 69-77. https://doi.org/10.24036/pelitaeksakta/vol6-iss2/211

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.