SPEED ABILITY TRAINING ON FOOTBALL BASIC MOVEMENT SKILLS

  • Muarif Arhas Putra Universitas Pasir Pengaraian
  • Lolia Manurizal Universitas Pasir Pengaraian
  • Masdi Janiarli Universitas Pasir Pengaraian
  • Ridwan Sinurat Universitas Pasir Pengaraian

Abstract

Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah (1) untuk  mendapatkan kecepatan atlet sepakbola yang signifikan (2) memberi bentuk latihan dan tingkat motivasi berprestasi dalam meningkatkan kecepatan atlet sepakbola, (3) pada tingkat motivasi berprestasi tinggi atlet  lebih efektif dalam peningkatan kecepatan lari, (4) sedangkan pada tingkat motivasi berprestasi rendah atlet kurang efektif dalam peningkatan kecepatan lari atlet sepakbola atlet sepakbola SSB Garuda Rokan.

Luaran yang dihasilkan setelah pelaksanaan pelatihan kemampuan kecepatan terhadap keterampilan gerak dasar atlet SSB Garuda Rokan yaitu agar memiliki kemampuan lari yang efektif  serta memberikan bantuan motivasi kepada atlet lainya agar bisa mendapatkan kecepatan yang maksimal. Dan pada akhirnya semua atlet ingin berlomba untuk meningkatkan kemampuan larinya dengan baik.

 Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan metode berbentuk pelatihan keterampilan melalui ceramah, demonstrasi (praktek) di lapangan melalui tahapan sebagai berikut : (1) Pada awal kegiatan, pelatih dan juga atlet akan diberikan pemahaman bagaimana cara untuk meningkatkan kemampuan kecepatan larinya secara maksimal. (2) Sebelum atlet mempraktikkan pelatih akan mendemonstrasikan dengan mencontohkan secara langsung teknik gerakan lari yang benar. Kemudian, atlet berlatih atau melakukan praktek secara mandiri dengan langsung dibantu oleh pelatih.

Published
2021-11-30
How to Cite
Putra, M., Manurizal, L., Janiarli, M., & Sinurat, R. (2021). SPEED ABILITY TRAINING ON FOOTBALL BASIC MOVEMENT SKILLS. Pelita Eksakta, 4(2), 154-159. https://doi.org/10.24036/pelitaeksakta/vol4-iss2/159

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.