The Perceptions of Chemistry MGMP Teachers of MA West Sumatra on the Training Activities of Teaching Material Development in the Form of E-Modules

  • Yerimadesi Yerimadesi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Padang
Keywords: Bahan ajar, e-modul, keterampilan guru MGMP kimia, persepsi, pelatihan

Abstract

Bahan ajar merupakan sesuatu yang tak terpisahkan dari setiap kegiatan pembelajaran, oleh karena itu keterampilan guru dalam mengembangkan bahan ajar perlu dilatih, salah satunya melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Tujuan kegiatan ini adalah melatih keterampilan guru-guru MGMP Kimia MA se_Sumatera Barat dalam mengembangkan bahan ajar dalam bentuk e-modul. Metode pelatihan dilakukan secara daring dan luring. Peserta kegiatan berjumlah 37 orang guru-guru kimia madrasah negeri dan swasta yang berasal dari beberapa Kabupaten/ Kota di Sumatera Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik persentase. Dari hasil analisis angket diperoleh rata-rata persentase penilaian peserta terhadap penyelenggaraan kegiatan sebesar 90% (sangat baik), penyampaian materi oleh narasumber 89% (sangat baik), dan manfaat kegiatan bagi peserta 85% (sangat tinggi). Data ini menunjukkan bahwa guru-guru MGMP Kimia MA se-Sumatera Barat memiliki persepsi yang sangat baik terhadap penyelenggaraan, penyajian materi, dan manfaat kegiatan pengabdian masyararakat yang telah dilakukan untuk melatih keterampilan guru-guru mengembangkan bahan ajar dalam bentuk e-modul.

References

Abidin, Z., & El Walida, S. (2017). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Case (Creative, Active, Systematic, Effective) Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Geometri Transformasi Untuk Mendukung Kemandirian Belajar Dan Kompetensi Mahasiswa.
Alighiri, D., Drastisianti, A., & Susilaningsih, E. (2018). Pemahaman konsep siswa materi larutan penyangga dalam pembelajaran multiple representasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2).
Asmiyunda, A., Guspatni, G., & Azra, F. (2018). Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas XI SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 155-161.
Bahtiar, E. T. (2015). Penulisan bahan ajar. Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar untuk Mendukung Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, 1-11.
Bertea, A. F. (2012). Use of new features and add-ins in PowerPoint to create animations that stimulate learning. In Conference proceedings of» eLearning and Software for Education «(eLSE) (No. 01, pp. 428-433). ” Carol I” National Defence University Publishing House.
Budiarti, S., Nuswowati, M., & Cahyono, E. (2016). Guided inquiry berbantuan e-modul untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Journal of Innovative Science Education, 5(2), 144-151.
Dahlan, B. A. Y. (2018). Pengembangan E-modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan (Studi Kelas XII Pemasaran di SMK Islam Batu Malang). SKRIPSI Jurusan Manajemen-Fakultas Ekonomi UM.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan dasar dan Menengah.
Diana, N., & Sukestiyarno, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Mandiri Berbasis E-Modul. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 203-206).
Fausih, M. (2015). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)” Untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 5(3).
Hafsah, N. R., Rohendi, D., & Purnawan, P. (2016). Penerapan media pembelajaran modul elektronik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi mekanik. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(1), 106-112.
Hapsari, N., & Suyanto, S. (2016). Pengembangan E-Modul Pengayaan Materi Pertumbuhan dan Perkembangan untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar. Pend. Biologi-S1, 5(5).
Heinich, R; Molenda, M; Russel, J.D; Smaldino, S.E. (2002). Instructional Media: and the New Technology of Instruction 7th edition. New York, Jonh Wiley and Sons.
Kemendiknas. 2010. Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan dasar dan Menengah.
Kemendiknas. 2010. Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Dan Angka Kreditnya. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan dasar dan Menengah.
Madden, S. P., Jones, L. L., & Rahm, J. (2011). The role of multiple representations in the understanding of ideal gas problems. Chemistry Education Research and Practice, 12(3), 283-293
Mentri Agama. (2016). Permenag No. 675 (2016) tentang perubahan nama madrasah alityah negeri, madrasah tsanawiyah dan madrasah ibtidaiyah negeri di sumatera barat.
Rakhmawati, L. (2017). Pengembangan E-Modul Diklat Teknis Analisa Jabatan Materi Dasar-Dasar Analisis Jabatan Di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (Bpsdmd) Provinsi Jawa Tengah (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Ricketts, M. (2018). No more bullet points! Research-based tips for better presentations with PowerPoint. Professional Safety, September, 2018.
Setiadi, T., & Zainul, R. (2019). Pengembangan E-Modul Asam Basa Berbasis Discovery Learning Untuk Kelas XI SMA/MA. Dalam of.ios
Simarmata, E. A, Gede S. S, Dewa G. H. D. (2017). Pengembangan E-Modul Be basis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop Kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak Di SMK Negeri 2 Tabanan. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (online), Volume 6, No.1
Suarsana I,M. & Mahayukti, G.A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 270-275.
Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Modul virtual: Multimedia flipbook dasar teknik digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2).
Sujanem, R. (2018, November). Efektivitas E-Modul Fisinberma Dalam Ujicoba Terbatas Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAN 2 Singaraja. In Seminar Nasional Riset Inovatif.
Treagust, D. F., Chittleborough, G., & Mamiala, T. (2003). The role of submicroscopic and symbolic representations in chemical explanations. International Journal of Science Education, 25(11), 1353–1368.
Yakmaci-Guzel, B., & Adadan, E. (2013). Use of Multiple Representations in Developing Preservice Chemistry Teachers' Understanding of the Structure of Matter. International Journal of Environmental and Science Education, 8(1), 109-130.
Published
2021-03-31
How to Cite
Yerimadesi, Y. (2021). The Perceptions of Chemistry MGMP Teachers of MA West Sumatra on the Training Activities of Teaching Material Development in the Form of E-Modules. Pelita Eksakta, 4(1), 17-22. https://doi.org/10.24036/pelitaeksakta/vol4-iss1/133

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.