Guidance on Writing Proposals and Carrying Out Classroom Action Research (PTK) and Making PTK Reports in Article Form For High School Chemistry Teachers in Bukittinggi City

  • Alizar Ulianas Universitas Negeri Padang
  • Minda Azhar Universitas Negeri Padang
  • Eka Yusmaita Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri padang, Jl.Prof. Dr. Hamka Air Tawar. Padang, Sumatera Barat, Indonesia
  • Miftahul Khair
  • Yanti Fitria
  • Hesty Parbuntari Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri padang, Jl.Prof. Dr. Hamka Air Tawar. Padang, Sumatera Barat, Indonesia
  • Watin Dehistora Universitas Negeri Padang
  • Yulia Mona Liza Universitas Negeri Padang
Keywords: Class action research, Article, Mendeley

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengabdian kepada masyarakat dalam rangka bimbingan menulis proposal dan melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) serta membuat laporan PTK dalam bentuk artikel bagi guru-guru kimia agar dapat dipublikasikan pada jurnal Nasioanl atau Internasional. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Kota Bukittinggi selama 2 hari dengan jumlah peserta 13 orang guru kimia. Dalam pelaksanaan bimbingan ini dilakukan 4 metode. Pertama, metode ceramah ketika penyampaian materi; kedua, metode tanya jawab; ketiga, praktik pelaksanaan didampingi oleh tim ahli; keempat, diskusi untuk mengidentifikasi keberhasilan peserta. Sebelum dan sesudah kegiatan peserta diberikan angket mengenai keperluan peserta terhadap materi serta pemahaman peserta terhadap materi. Dalam kegiatan ini peserta dapat mengetahui permasalahan dikelas dan juga cara penelusuran artikel PTK secara online, metode dan Teknik penulisan artikel hasil PTK, teknik submit artikel hasil PTK kepada jurnal Nasional, serta penggunaan program Mendeley untuk mempermudah penulisan sitasi dan daftar pustaka pada artikel. Hasil pemahaman peserta sebelum penyampain materi dengan setelah penyampaian materi mengalami kenaikan yang signifikan yang ditandai dengan kenaikan jumlah pesrta yang paham. Dengan adanya bimbingan penulisan artikel dan penyusunan PTK ini memberikan motivasi kepada guru untuk membuat karya ilmiah berupa artikel hingga dapat dipublikasi.

References

Agustiana, I Gusti Ayu Tri, I Nyoman Tika, and I Made Citra Wibawa., 2018, Pelatihan Membuat Daftar Isi Dan Daftar Pustaka Dengan Sekali Klik Berbantuan Mendeley Bagi Para Dosen PTS Dalam Menyusun Artikel Dan Laporan Penelitian Se-Kabupaten Buleleng, International Journal of Community Service Learning, Vol. 2, No. 2, 116–23.
Bruce., 2011, 2013. “済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, Vol. 53 No. 9, 1689–99.
Farid, Muhammad., 2017, Menulis Artikel Ilmiah: Menemukan Ide Hingga Publikasi.Jurnal Penulisan Artikel ilmiah, Vol. 1, No. 1, 1–9.
Gilinsky, Armand, Sharon L. Forbes, and Marlene M. Reed., 2016, Writing Cases to Advance Wine Business Research and Pedagogy: A Business Article By. Wine Economics and Policy, Vol. 5, No. 1, 60–67.
Gunawan, Imam, Teguh Triwiyanto, and Desi Eri Kusumaningrum., 2018, Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama, Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 1 No. 2, 128–35.
Handayani, Indri, Erick Febriyanto, and Teguh Arya Yudanto., 2019, Pemanfaatan Indeksasi Mendeley Sebagai Media Pengenalan Jurnal STT Yuppentek, Technomedia Journal, Vol .3, No.2, 235–45.
Hikmawati, Hikmawati, Joni Rokhmat, Kosim Kosim, and Sutrio Sutrio., 2019, Pendampingan Penyusunan Proposal PTK Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMA Negeri 2 Gerung, Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, Vol.1, No.2.
Hunaepi et al., 2016, Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Di Mts. Nw Mertaknao, Lumbung Inovasi, Vol. 1, No. 1: 38–40.
Pekanbaru, Guru-guru SMA Negeri et al., 2019, Pelatihan, Pembimbingan Ptk Dan Publikasi Ilmiah, Vol. 3, No. 1, 46–51.
Pramusinto, Hengky, Indri Murniawaty, Hana Netti Purasani, and Nanik Suryani., 2019, Pengembangan Kompetensi Menulis Artikel Hasil PTK Guru Ekonomi SMA Kabupaten Semarang, Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 2, No. 1, 14.
Redhana, I Wayan., 2017, Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru Kimia Di Kabupaten Buleleng, Jurnal Widya Laksana, Vol. 3, No. 2, 20.
Rizki, Rohazmy, Asep Wahyu Nugraha, and Erlina Erlina., 2019, Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Pokok Bahasan Kesetimbangan Kimia Melalui Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas, Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), Vol. 2, No. 1, 216–219.
Wedekaningsih, Arfika, Henny Dewi Koeswati, and Sri Giarti., 2019, Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika, Jurnal Basicedu, Vol. 3, No. 1, 21–26.
Dwidjoseputro, D., 1980, Pengantar Fisiologi Tumbuhan, Gramedia, Jakarta.
Engelstad, O.P., 1997, Teknologi dan Penggunaan Pupuk, Diterjemahkan oleh DH. Goenadi, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Parman, S., 2007, Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair terhadap Pertumbuhan dan Produksi Kentang (Solanum tuberosum L.), Buletin Anatomi dan Fisiologi, Vol. 15, No. 2, 21 31.
Published
2020-11-29
How to Cite
Ulianas, A., Azhar, M., Yusmaita, E., Khair, M., Fitria, Y., Parbuntari, H., Dehistora, W., & Liza, Y. (2020). Guidance on Writing Proposals and Carrying Out Classroom Action Research (PTK) and Making PTK Reports in Article Form For High School Chemistry Teachers in Bukittinggi City. Pelita Eksakta, 3(2), 129-135. https://doi.org/10.24036/pelitaeksakta/vol3-iss2/122

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.