Membangun Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA SMP Melalui Lesson Study Berbasis MGMP

  • Amali Putra Jurusan Fisika FMIPA unp

Abstract

Dalam rangka membangun kemampuan berfikir kritis siswa melalui  peningkatan profesionalitas  guru-guru  yang terhimpun dalam wadah MGMP IPA kota Payakumbuh, telah dilakukan kegiatan dalam bentuk Program Kemitraan Masyarakat  berupa pelatihan dan praktek kegiatan Lesson Study   dari tanggal 7 September  sampai 12 Oktober 2019 dengan 3 kegiatan yaitu : Sosialisasi hakekat kemamapuan berfikir kritis, pelatihan penerapan pembelajaran IPA dengan pendekatan Saintifik,  serta sosialisasi dan implementasi kegiatan lesson study.   Berdasarkan data yang diperoleh  pada selama dan pada akhir kegiatan mennyimpulkan bahwa dengan pelatihan penerapan pendekatan saintifik melalui  kegitan lesson study ternyata dapat membangun learning community guru dalam wadah MGMP IPA SMP, di kota Payakumbuh  yang terindikasi dari semakin meningkatnya kualitas persepsi guru terhadap pembelajaran IPA,  pendekatan saintifik serta lesson study. Hasil pengamatan  juga menunjukkan terjadi perubahan kemampuan  berfikir kritis dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik.

Published
2021-04-01
How to Cite
Putra, A. (2021). Membangun Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA SMP Melalui Lesson Study Berbasis MGMP. Pelita Eksakta, 4(1), 62-69. https://doi.org/10.24036/pelitaeksakta/vol4-iss1/114

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.