Improvement of the Ability of High School Physics Teachers in Tanah Datar District in the Making of Teaching Materials with Scientific Literacy

  • hidayati hidayati hidayati universitas negeri padang

Abstract

Pengajaran di sekolah harus dilaksanakan sesuai Kurikulum yang berlaku. Namun, kondisi nyata menunjukkan bahwa dalam melaksanakan Kurikulum 2013 revisi 20017, ada beberapa masalah. Salah satu solusi dari masalah yang ada  adalah mengembangkan bahan ajar fisika bermuatan literasi saintifik pada guru Fisika SMA di kabupaten Tanah Datar. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu guru Fisika SMA di kabupaten Tanah Datar dalam mengembangkan bahan ajar fisika bermuatan literasi saintifik. Peserta adalah 34 guru fisika SMA yang menjadi anggota MGMP fisika SMA di kabupaten Tanah Datar. Instrumen untuk mengumpulkan data terdiri dari pretes dan postes, lembar validasi bahan ajar. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan uji perbandingan berkorelasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat dinyatakan bahwa: 1). Dalam melaksanakan PKM, ada 12 bahan ajar yang dihasilkan dalam bentuk bahan ajar bermuatan literasi saintifik, 2). Bahan ajar bermuatan literasi saintifik yang ditulis guru-duru adalah valid, dan 3). Implementasi pengembangan bahan ajar bermuatan literasi saintifik dapat diklasifikasikan efektif untuk meningkatkan pemahaman guru sains pada materi bahan ajar.

Published
2020-03-31
How to Cite
HIDAYATI, hidayati hidayati. Improvement of the Ability of High School Physics Teachers in Tanah Datar District in the Making of Teaching Materials with Scientific Literacy. Pelita Eksakta, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 70-74, mar. 2020. ISSN 2615-0719. Available at: <http://pelitaeksakta.ppj.unp.ac.id/index.php/pelitaeksakta/article/view/101>. Date accessed: 03 june 2020. doi: https://doi.org/10.24036/pelitaeksakta/vol3-iss1/101.